Kasus 1 Ibu Dini adalah kepala sekolah SMA Insan Gemilang. Ia seorang kepala sekolah yang cerdas, berbakat, dan juga inovatif. Ia juga memiliki pembawaan yang supel dan menyenangkan. Setiap pagi bu Dini akan meluangkan waktu untuk berjalan berkeliling sekolah, mengunjungi kelas-kelas, menyapa guru-guru, dan mendengarkan cerita mereka dan memberi mereka semangat. Murid-murid dan guru-guru akrab dengan Bu Dini. Anggota komunitas sekolah memiliki hubungan yang positif dengannya, dan mereka menaruh kepercayaan yang tinggi padanya. Selain sebagai seorang kepala sekolah, Ibu Dini juga seorang wirausahawan yang sukses dalam bidang kuliner. Selama ini ia dapat membagi waktunya dengan baik. Ia tidak pernah mencampuradukkan urusan pekerjaannya di sekolah dengan bisnisnya. Semakin lama bisnis kuliner Ibu Dini berkembang pesat. Bisnisnya mendapat penghargaan dari pemerintah sebagai UKM berprestasi dan Ibu Dini mendapat hadiah berupa pelatihan bisnis selama 3 bulan di bawah bimbin...
Tujuan Pembelajaran: CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila. Soal 1 Untuk membantu Bapak/Ibu dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid, mari kita membuat “gambar” yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan” . Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Sertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. Konsentrasikan diri pada substansi pesan pribadi Bapak/Ibu bukan pada keindahan gambarnya. Soal 2 Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang Bapak/Ibu idam-idamkan . Sebuah sekolah yang berpihak pada murid, dan menuntun murid mengejawantahk...
Modul 1.2_ZAINAL CGP A10 Kelas 10.080 Sulawesi Selatan Modul 1.2 dimulai dengan alur “Mulai dari diri” dengan tujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai diri dan peran saya sebagai guru di sekolah. Pada tahap ini, pembelajaran akan dimulai dengan membuat diagram trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri saya secara jujur. Berikut adalah “Trapesium Usia” yang sudah Saya buat melalui aplikasi Canva. Tugas 1. Refleksi 1. Apa peristiwa positif dan negatif yang Saya tuliskan di sana? · Peristiwa Positif Peristiwa positif yang Saya alami terjadi pada saat berusia 13 tahun. Saat itu saya masih kelas 2 SMP dan tidak disangka-sangka berhasil untuk pertama kalinya mendapatkan peringkat pertama di kelas. Peringkat pertama merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi Saya. Peringkat pertama tersebut bisa saya pertahankan hingga lulus SMP. Berkat bisa mempertahankan peringkat tersebut, saya diberikan kemudahan dalam melanjutkan...
Komentar
Posting Komentar