1.3.e. Mulai dari Diri - Modul 1.3 - PGP_A10 - ZAINAL

Tujuan Pembelajaran: CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.

Soal 1

Untuk membantu Bapak/Ibu dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid, mari kita membuat “gambar” yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan”Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Sertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. Konsentrasikan diri pada substansi pesan pribadi Bapak/Ibu bukan pada keindahan gambarnya.


Soal 2

Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang Bapak/Ibu idam-idamkan. Sebuah sekolah yang berpihak pada murid, dan menuntun murid mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila.

Saya memimpikan murid-murid yang berkarakter sesuai dengan profil pelajar pancasila, mampu mengikuti perkembangan teknologi dan berwawasan global, serta bahagia dalam belajar.
Saya percaya bahwa murid adalah generasi emas yang hasil pembelajarannya dapat dirasakan setelah puluhan tahun ke depan sehingga sejak awal harus dijaga dan dikembangkan sesuai potensi dan kodratnya.
Di sekolah, saya mengutamakan pembelajaran yang berpihak pada murid dan pembentukan karakter pada anak melalui pembiasaan-pembiasaan baik sesuai profil pelajar Pancasila dengan tidak mengenyampingkan pendidikan kognitif.
Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka adalah ujung tombak masa depan yang akan memegang kendali negeri ini pada masanya kelak sehingga mereka harus mengembangkan pembelajaran yang selaras dengan budi pekerti dan berakhlak mulia.
Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk berkolaborasi dalam menuntun murid sesuai kodratnya agar dapat melahirkan generasi yang unggul dan berkarakter.
Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap murid mempunyai keunikannya tersendiri, sehingga kami memfasilitasi mereka secara berbeda sesuai kemampuan, minat dan bakat yang dimiliki oleh murid.

Soal 3

Pada kesempatan ini, mari kita formulasikan VISI Bapak/Ibu sebagai pendidik. Jadikan kesempatan ini bermakna pribadi, bukan untuk sekedar memenuhi tagihan centang di LMS Bapak/Ibu. Gunakan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk kemudian dirumuskan dalam sebuah VISI:

  • Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu?
  • Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?
  • Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?
  • Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain?
  • Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila?

Susunlah rumusan VISI Bapak/Ibu dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan Bapak/Ibu masing-masing. 

Jawaban:

  • Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu? 

    Menurut saya, visi adalah sesuatu yang harus kita wujudkan. Dalam mewujudkan visi tersebut dibutuhkan niat dan usaha yang serius, serta berbagai solusi alternatif.

  • Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?

    Harapan dan cita-cita;

    1. Murid : Saya berharap agar murid saya tumbuh menjadi individu yang berbudi pekerti luhur, mandiri dalam kehidupannya, menjalin hubungan baik dengan sesama, dan menjadi agen perubahan dalam Masyarakat serta bahagia dengan profesi yang digelutinya.
    2. Rekan PendidikSaya berharap agar rekan pendidik selalu melakukan pengembangan diri, saling mendukung dan berbagi praktik baik, serta saling menjalin kerjasama yang baik.
    3. Komunitas SekolahSemoga komunitas sekolah dapat terus memfasilitasi guru-guru dalam melakukan pengembangan diri dan menjadi wadah bagi guru-guru untuk berkolaborasi.
    4. Masyarakat: Semoga Masyarakat dapat berkontribusi dengan baik dalam perbaikan pendidikan.
    5. Bangsa dan Negara Indonesia: Saya berharap agar Indonesia dapat lebih maju dalam mensejahterahkan rakyatnya yang adil dan Makmur.

  • Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita? =Guru bertanggungjawab memberi teladan yang baik dan menuntun murid sesuai kodratnya.
  • Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain? 

    = Murid di sekolah saya menjadi insan cendikia yang selaras dengan profil pelajar Pancasila.

  • Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila? =Kontribusi berupa dukungan dan kerjasama yang baik dalam mewujudkan visi yang ingin dicapai.

Visi Saya sebagai Guru Penggerak:

Mewujudkan Insan Cendikia yang Berbudi Pekerti Luhur sesuai Profil Pelajar Pancasila.”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Dwi Mingguan 2 - Modul 1.2 PGP_A10_ZAINAL

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 3 - PGP_A10_ZAINAL