Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Saya Zainal dari UPTD SMP Negeri 5 Barru yang menjadi Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-2 sesuai modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal ini merupakan refleksi diri yang akan ditulis secara rutin setiap dua minggu dan menjadi tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak selama mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future), yang dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni: Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan. Adapun hasil refleksi yang telah saya lakukan pada dua minggu terakhir ini: Facts (Peristiwa) Setelah modul 1.1 tentang filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara selesai, maka pembelajaran dilanjutkan pada modul 1.2 tentang Nilai
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Saya Zainal dari UPTD SMP Negeri 5 Barru yang menjadi Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Pada kesempatan ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-3 sesuai dengan lanjutan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak pada alur pembelajaran Elaborasi Pemahaman sampai modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak pada Ruang Kolaborasi, serta Pendampingan 1 dan Lokakarya 1. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu model 4F ( Fact, Feeling, Findings, dan Future ), yang dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan. Refleksi Model I : 4 F ( Facts, Feelings, Findings, Future ) Facts (Peristiwa) Jurnal Refleksi dwi mingguan 3 dimulai dengan melanjutkan alur pembelajaran modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak yaitu pada elaborasi pemahaman. Elaborasi pemahaman pada modul 1.2
Tujuan Pembelajaran: CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila. Soal 1 Untuk membantu Bapak/Ibu dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid, mari kita membuat “gambar” yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan” . Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Sertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. Konsentrasikan diri pada substansi pesan pribadi Bapak/Ibu bukan pada keindahan gambarnya. Soal 2 Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang Bapak/Ibu idam-idamkan . Sebuah sekolah yang berpihak pada murid, dan menuntun murid mengejawantahkan Profil Pelajar P
Komentar
Posting Komentar