Jurnal Refleksi Dwi-Mingguan 1 - ZAINAL CGP Angkatan 10
Refleksi Dwi Mingguan – 1
Zainal
CGP A10 Kabupaten Barru Sulawesi Selatan Kelas 10.080
Refleksi Model I : 4 F (Facts, Feelings, Findings, Future)
1.
Facts
// Peristiwa
Pendidikan
guru penggerak angkatan 10 mulai diumumkan pada tanggal 11 Maret 2024.
Alhamdulillah terpilih menjadi salah satu peserta PGP A10 Sulawesi Selatan yang
berasal dari kabupaten Barru. Pendidikan guru penggerak Angkatan 10 diawali
dengan pembekalan LMS pada PMM untuk calon guru penggerak yang dilaksanakan
pada hari Kamis, 14 Maret 2024 pukul 13.00-16.00 WITA secara daring.
Pada
tanggal 15 Maret 2024, Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10 (PGPA10) resmi
dibuka secara nasional oleh Mendikbudristek pada sesi I yang berlangsung pukul
10.00-11.00 WITA melalui via zoom dan live streaming youtube. Pembukaan
kemudian dilanjutkan dengan orientasi PGP A10 oleh Balai Besar Guru Penggerak
provinsi masing-masing peserta yang berlangsung pada sesi II yaitu pukul 13.30
– 17.00 WITA secara daring. Pendidikan
guru penggerak angkatan 10 akan dilaksanakan selama 6 (enam) bulan terhitung
sejak pembukaan.
Sebelum
memulai modul 1.1 diawali dengan mengerjakan pretest di LMS masing-masing yang
waktu pengerjaannya berlangsung pada tanggal 15 dan 16 Maret 2024. Setelah itu
dilanjutkan dengan mempelajari modul 1.1 dengan alur pembelajaran M-E-R-D-E-K-A yaitu Mulai dari diri, Eksplorasi konsep,
Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi,
dan Aksi nyata. Pada modul 1.1 juga diadakan lokakarya orientasi yang
berlangsung pada tanggal 23 Maret 2024. Lokakarya tersebut diikuti oleh seluruh
calon guru penggerak angkatan 10 kabupaten Barru bersama kepala sekolah yang
didampingi oleh para pengajar praktik. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul
08.00 – 17.00 Wita di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Barru.
2.
Feelings
// Perasaan
Pada
awal mengikuti rangkaian kegiatan pendidikan guru penggerak angkatan 10 ini,
timbul berbagai keraguan bahkan sempat terbersit dalam pikiran untuk mundur
sebelum memulai. Melihat jadwal pendidikan yang begitu padat menimbulkan
kecemasan tersendiri pada diri saya. Ketakutan tidak bisa membagi waktu dengan
baik antara tugas pokok di sekolah, rangkaian kegiatan guru penggerak dan
keluarga. Ketakutan tidak bisa menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan guru
penggerak. Ketakutan Kesehatan terganggu akibat padatnya kegiatan dan berbagai
ketakutan lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, Saya mulai bisa beradaptasi
dan semakin menyadari bahwa banyak yang merindukan posisi saya sekarang ini
tetapi belum diberikan kesempatan. Sehingga sejak memutuskan untuk tetap
melanjutkan pendidikan guru penggerak di angkatan 10 ini, Saya bertekad akan
selalu berusaha dan berkomitmen untuk menyelesaikan keputusan yang telah saya
pilih dengan sebaik mungkin. Di sisi lain, Saya merasa senang karena diberikan
wadah dan kesempatan untuk mengembangkan kualitas sebagai pendidik, mendapatkan
banyak pelajaran berharga, dan tak kalah senangnya melalui guru penggerak ini
diberikan kesempatan bertemu bahkan belajar bersama guru-guru semasa sekolah.
3.
Findings
// Pembelajaran
Pembelajaran
yang saya dapatkan di awal kegiatan ini adalah mulai memahami pemikiran Ki
Hajar Dewantara bahwa pendidikan yang baik merujuk pada kemerdekaan dalam
belajar, namun tetap harus mendapatkan tuntunan dari pendidik agar murid tidak
kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Hal tersebut mulai saya pahami dalam
proses mengerjakan tugas-tugas sebagai calon guru penggerak di LMS PMM. Dalam
pengumpulan tugas, calon guru penggerak diberikan kebebasan untuk mengumpulkan
tugas dalam berbagai bentuk sesuai dengan kemampuan. Dengan adanya bimbingan
para pengajar praktik dan fasilitator, tugas yang tersedia di LMS PMM tidaklah
serumit yang saya bayangkan sebelumnya. Selain itu, melalui pembelajaran awal
dalam pendidikan guru penggerak ini saya menyadari pentingnya untuk saling
menguatkan, menggerakkan hati dan menciptakan kolaborasi yang bernuansa
kekeluargaan agar segala tantangan dapat diselesaikan baik.
4.
Future
// Penerapan.
Komentar
Posting Komentar