Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 3 - PGP_A10_ZAINAL

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Saya Zainal dari UPTD SMP Negeri 5 Barru yang menjadi Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-3 sesuai dengan lanjutan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak pada alur pembelajaran Elaborasi Pemahaman sampai modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak pada Ruang Kolaborasi, serta Pendampingan 1 dan Lokakarya 1.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future), yang dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

Refleksi Model I : 4 F (Facts, Feelings, Findings, Future)

Facts (Peristiwa)

Jurnal Refleksi dwi mingguan 3 dimulai dengan melanjutkan alur pembelajaran modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak yaitu pada elaborasi pemahaman. Elaborasi pemahaman pada modul 1.2 dilaksanakan pada tanggal 23 April 2024. Dalam elaborasi pemahaman kami dibimbing oleh instruktur Ibrena Merry Sella Purba yang membahas secara jelas materi pada modul 1.2.

Elaborasi pemahaman kemudian dilanjutkan pada alur pembelajaran koneksi antar materi dengan batas  pengerjaan sampai 26 April 2024 pukul 23.59 waktu setempat. Koneksi antar materi bertujuan agar CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2 tentang Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Kesimpulan atau refleksi tersebut dapat dibuat dalam bentuk tulisan-naratif / poster/ peta-pikiran / powerpoint / video / audio sederhana dengan model 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan ke depan). Pada koneksi antar materi memberikan pencerahan kepada saya tentang kaitan modul 1.1 dengan 1.2 yang saya pahami sebelumnya. Selanjutnya sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Aksi Nyata merupakan ruang dalam menerapkan apa yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Dalam aksi nyata modul 1.2, para CGP diajak untuk melaksanakan rencana yang telah dituliskan pada refleksi 4P pada bagian Koneksi Antar Materi mengenai pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang”.  Aksi nyata tersebut dikumpulkan dalam bentuk dokumentasi dengan format video singkat atau kumpulan foto yang bercerita saat diri menjalankan rencana. Dalam dokumentasi tersebut kami juga menyertakan perasaan, ide atau gagasan yang timbul, serta pembelajaran dan dampak yang paling kami rasakan.

Setelah modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak selesai, maka pembelajaran dilanjutkan pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Pembelajaran pada modul 1.3 dimulai pada tanggal 25 April 2024 dengan alur pembelajaran M-E-R-D-E-K-A seperti halnya pada modul sebelumnya. Sesuai dengan alur kegiatan pada LMS, modul 1.3 diawali dengan tugas mandiri 1.3.e Mulai dari Diri dengan membuat gambar yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan”. Gambar telah saya buat dapat dilhat melalui link: https://lms.guru.kemdikbud.go.id/files/9473313/download . Selain itu kami juga melengkapi kalimat rumpang yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang diidam-idamkan. Kemudian dilanjutkan dengan merumuskan suatu visi. Selanjutnya pada tanggal 26 April 2024, pembelajaran dilanjutkan pada alur eksplorasi konsep dengan moda belajar mandiri. Eksplorasi konsep pada modul ini bertujuan agar CGP dapat memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan dan CGP dapat menguraikan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Di bagian eksplorasi konsep setidaknya ada 9 poin yang dibahas yaitu saya diberi pengantar tentang paradigma inkuiri apresiatif. Di bagian pengantar, saya juga diberi puisi pemantik yang berjudul “Aku Melihat Indonesia” karya Soekarno. Setelah itu, saya mempelajari materi tentang “Berpikir Strategis”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan (BAGJA)”, “Tahapan BAGJA”, “Proses Inkuiri dalam BAGJA”, dan “Amati – Tiru – Modifikasi”. Setelah itu saya melakukan diskusi asinkron dengan dua topik yaitu berbagi visi murid impian dan berbagi tugas kesimpulan tentang inkuiri apresiatif.

Pada tanggal 30 April 2024, kegiatan eksplorasi konsep dilanjutkan dengan forum diskusi melalui ruang kolaborasi. Forum ini dipandu oleh fasilitator kami di kelas 10.080.BBGP.SULSEL.IRHAM. Setelah itu kami dibagi ke dalam 3 kelompok dan saya mendapatkan kelompok 1 yang beranggotakan 4 orang, yaitu Pak Mansur, Ibu Andi Rismawati, Ibu Khusnul Khatimah dan Saya (Zainal).


Pada forum diskusi ini, bersama dengan kelompok saya merumuskan serta menyepakati Visi Guru Penggerak dilanjutkan dengan diskusi pembuatan kalimat pernyataan Prakarsa Perubahan Diri dengan menggunakan instrumen A-T-A-P (Aset, Tantangan, Aksi, Pelajaran/Perubahan) sebagai langkah-langkah pembuatannya. Setelah menemukan kesepakatan mengenai kalimat Prakarsa Perubahan, kami mulai menyusun tahapan pelaksanaannya menggunakan instrumen BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Pada pertemuan ruang kolaborasi berikutnya yaitu pada tanggal 02 Mei 2024, kami mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok kami. Pada ruang kolaborasi ini kami juga diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan ataupun saran atas presentasi kelompok lain. Berdasarkan saran dan masukan dari rekan CGP maupun dari Bapak Fasilitator kami melakukan perbaikan pada slide presentasi kami sebelum diunggah ke LMS.

Selain alur kegiatan yang terdapat dalam LMS, saya juga mendapatkan pendampingan individu 1 dan mengikuti kegiatan lokakarya 1 CGP angkatan 10.  Pendampingan Individu terjadwal mulai tanggal 26 April – 3 Mei 2024 dan saya mendapat jadwal pendampingan pada hari Jumat, 3 Mei 2024. Pendampingan tersebut dilakukan oleh Pak Rappetang selaku Pengajar Praktik.


Dalam pendampingan tersebut membahas beberapa hal diantaranya; terkait harapan, kekhawatiran, dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah, tindak lanjut hasil pembelajaran dan pembuatan fortofolio digital menggunakan google sites. Sedangkan kegiatan lokakarya 1 dilaksanakan di aula dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Barru pada tanggal 4 Mei 2024. Lokakarya tersebut bertemakan tentang komunitas praktisi. Berdasar dari tema tersebut, para CGP mengidentifikasi dan menganalisa pemetaan komunitas praktisi, memahami peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi, serta melihat potensi komunitas praktisi bersama para pengajar praktik. 

  1. Feelings (Perasaan)

Selama dua minggu terakhir mempelajari lanjutan modul 1.2 dan 1.3, perasaan saya mulai bercampur aduk. Adanya perasaan kuatir dan merasa insecure karena dalam penyelesaian tugas, saya sering mengartikan tugas dari pemahaman yang bertolak belakang dengan pemahaman rekan CGP lainnnya, utamanya pada modul 1.3 tentang visi guru penggerak. Berkat bimbingan dari fasil serta dukungan dan semangat dari rekan-rekan CGP yang tergabung dalam kelas 10.080_SULSEL, saya kembali merasa termotivasi dan semakin tertantang untuk belajar lebih baik lagi ke depannya. Selain itu, saya merasa orang yang beruntung karena bisa belajar banyak hal-hal baru dalam pendidikan guru penggerak ini. Dan tak kalah senangnya saya dikelilingi oleh rekan CGP yang sangat bersahabat dan saling melengkapi.

3.     Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya dapatkan dalam dua minggu terakhir ini adalah untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga pemikiran kita diarahkan ke arah yang positif. Selain itu sebagai seorang guru, saya harus mengaitkan antara filosofi Ki Hajar Dewantara dengan nilai dan peran guru penggerak dalam merumuskan visi sekolah agar profil pelajar Pancasila dapat terwujud. Dalam menyusun suatu visi, modul 1.3 mengarahkan para CGP menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif. Setelah menemukan kesepakatan mengenai visi dilanjutkan dengan merumuskan kalimat-kalimat Prakarsa Perubahan dengan menggunakan instrumen A-T-A-P (Aset, Tantangan, Aksi, Pelajaran / Perubahan). Kalimat pernyataan prakarsa perubahan, kemudian dilanjutkan dengan menyusun tahapan pelaksanaan sesuai instrumen BAGJA. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama,Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiatif (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). Dari tahapan BAGJA tersebut juga memberikan beberapa pembelajaran diantaranya berupa strategi, siapa yang terlibat, kegiatan yang dilakukan, solusi dan tindak lanjut atas kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam mewujudkan suatu visi.

Selain pembelajaran dari LMS, saya juga mendapatkan pembelajaran pada pendampingan individu dan lokakarya 1. Pada pendampingan individu saya memperkuat pemahaman mengenai kompetensi yang harus dimiliki oleh guru penggerak dan pembuatan fortofolio digital melalui google site. Sedangkan pada lokakarya 1, saya mendapatkan pemahaman mengenai komunitas praktisi mulai dari merintis, menumbuhkan, sampai mempertahankan keberlanjutan dari komuitas yang telah terbentuk.

  1. Future (Penerapan)

Berdasarkan apa yang telah saya paparkan mengenai peristiwa, perasaan dan pembelajaran dalam dua minggu terakhir, saya semakin termotivasi untuk lebih menguatkan penerapan nilai dan peran guru penggerak, berkolaborasi dengan warga sekolah dalam mewujudkan suatu visi bersama, berbagi pemahaman tentang penyusunan visi berdasarkan paradigma inkuiri apresiatif dan penyusunan prakarsa perubahan melalui tahapan BAGJA serta pembuatan fortofolio digital melalui google site. Selain itu, saya akan berusaha menumbuhkan komunitas belajar yang sudah ada di sekolah saya dengan terjun langsung sebagai penggerak komunitas tersebut.

Sekian pemaparan saya dalam refleksi dwi mingguan ke-3 selama pendidikan guru penggerak angkatan 10.

Salam Bahagia!

Salam Guru Penggerak!

Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan..!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Dwi Mingguan 2 - Modul 1.2 PGP_A10_ZAINAL

1.3.e. Mulai dari Diri - Modul 1.3 - PGP_A10 - ZAINAL